Jumat, 10 Desember 2010

Desain Ulang Kamar Jelang Akhir Tahun


Desain Ulang Kamar Jelang Akhir Tahun
12 Desember 2010

Anda tentu pernah menyaksikan program reality show bertajuk "Bedah Rumah" di RCTI. Dari program ini, setidaknya kita dapat melihat bahwa renovasi bisa dilakukan dengan menggunakan anggaran dan biaya yang terbatas.

Sesuatu yang perlu diketahui sebelumnya adalah bahwa diperlukan pemahaman yang tepat tentang seberapa besar batasan dana dan penghematan yang mungkin dapat dilakukan sesuai dengan desain serta bentuk perubahan yang kita inginkan untuk membuat kamar yang baik juga menarik.

Di sini Ir Wisnu Brata dari Mitra Graha Asri akan mencoba memberi saran bagaimana mendekor ulang kamar dengan anggaran yang relatif terbatas, namun dapat memberikan suasana ruang yang berbeda sesuai keinginan.

Persiapan yang baik dan pengumpulan informasi sebanyak-banyaknya.

Melakukan renovasi tanpa rencana yang baik merupakan kesalahan pertama. Sebaiknya Anda telah memiliki rencana atau desain yang jelas sebelum memutuskan pergi berbelanja ke toko bangunan.

Mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya serta contoh-contoh gambar dari majalah dan koran, atau mengunjungi pameran plus mendapatkan brosur-brosur desain produk terbaru akan sangat membantu Anda dalam mendapatkan gambaran yang lebih ideal tentang wujud kamar seperti apa yang Anda inginkan. Atau dapat pula dengan jalan browsing di internet dan mengunjungi pameranpameran desain perumahan serta furnitur di kota Anda.

Pilih yang sesuai dengan desain dan kebutuhan kamar Anda.

Pilihlah dari koleksi yang Anda punya beberapa hal yang menarik perhatian Anda untuk mendapatkan gambaran mengenai gaya yang sesuai dengan keinginan Anda. Mungkin ada beberapa campuran variasi gaya, ide-ide, ataupun gambar yang akan menarik perhatian Anda.

Kembangkan terus dan coba tuangkan atau padu padankan beberapa gambar itu ke dalam rencana terpadu untuk diterapkan di kamar Anda. Setelah Anda mendapatkan gambaran yang jelas,barulah Anda dapat melakukan langkah-langkah berikutnya.

Berikut ini ada beberapa langkah yang dapat dilakukan agar Anda bisa menekan bujet yang tersedia:

1. Warna dan cat

Mengubah warna merupakan cara yang paling ampuh dan tidak mahal dalam merombak dekor serta suasana kamar Anda. Pernahkah Anda berpikir mengapa desainer interior jarang mengecat apartemen menggunakan warna putih? Penggunaan warna yang dramatis akan membuat ruangan Anda terlihat semarak.

Pergilah ke toko cat di sekitar rumah Anda dan pilihlah sampel warna yang tersedia pada skema warna yang Anda sukai sebelum melakukan pemesanan cat. Carilah merek cat bermutu yang sedang diskon. Jika beruntung, Anda dapat menemukan warna yang sesuai selera Anda dengan harga yang cukup murah. Mungkin beberapa kaleng cat hanya memerlukan biaya beberapa puluh ribu rupiah.

2. Pencahayaan

Pencahayaan yang redup akan membuat ruangan Anda terlihat suram. Maka itu, pastikan ruangan Anda memiliki pencahayaan yang cukup, termasuk di dalamnya penggunaan lampu-lampu untuk kegiatan khusus. Cara yang relatif murah untuk menambah pencahayaan di dalam ruangan adalah dengan memasang lampu sorot.

Anda juga boleh menggunakan lampu track yang bisa digantung pada kawat untuk dapat memunculkan nuansa dan tidak perlu melakukan instalasi ulang dengan cara membobok tembok. Kegiatan seperti ini tentu memerlukan biaya yang cukup besar.

3. Pajangan dinding

Untuk pajangan di dinding rumah Anda yang terlihat kosong, dapat digunakan koleksi artwork ataupun memakai foto-foto koleksi Anda. Memasang foto keluarga dan teman-teman adalah cara yang sangat efektif serta murah untuk menghias dinding di rumah Anda. Penggunaan foto-foto hitam-putih bakal memberikan suasana yang istimewa.

Anda bisa mencari tempat cetak foto di sekitar rumah untuk memperbesar foto yang ingin Anda tampilkan. Bingkailah dengan frame yang tidak mahal dan finishing-nya sederhana. Aksesori ini bisa Anda peroleh di toko yang sedang mengadakan diskon di sekitar Anda.

Lukisan atau gambar-gambar repro dari pelukis ternama boleh Anda bingkai dengan frame yang bagus dan menarik. Ini akan menjadi pajangan yang bernilai dan mengubah suasana ruangan Anda menjadi lebih berkelas.

4. Jendela

Anda tidak perlu membuat model jendela yang rumit. Cukup dengan membuat model jendela simpel, yang akan mudah disesuaikan dengan selera Anda ataupun perubahan yang bakal Anda lakukan. Berikan aksesori ataupun penutup jendela seperti tirai dari kain serta kayu yang modelnya disesuaikan dengan gaya keseluruhan rumah Anda.

Buatlah penataan yang menarik, baik menggunakan bahan, pola, maupun tekstur yang sesuai dengan gaya yang ingin Anda tampilkan.

5. Tingkatkan apresiasi dan selera seni Anda

Perluas wawasan Anda dengan sering melihat model-model furnitur di kafe atau restoran favorit maupun majalah-majalah desain terbaru. Dengan begitu, apresiasi desain Anda bisa meningkat. Cobalah untuk melihat contoh-contoh desain di toko atau majalah desain terbaru, lalu tiru semangat atau gaya yang digunakan.

Namun, bukan dengan cara membeli barang tersebut karena dana Anda terbatas; melainkan dengan cara membuatnya atau membeli dengan model yang cenderung menyerupai secara visual, tapi lebih sederhana dalam desain serta tidak menggunakan material yang mahal. Istilahnya mungkin speck down. Dengan penataan dan pengaturan kombinasi yang ada di majalah, Anda mungkin akan kaget dengan apa yang Anda dapatkan.

6. Kursi dan sofa

Anda belum memiliki dana untuk mengganti sofa dan kursi Anda. Gunakanlah penutup sofa atau kain dengan bahan yang menarik serta sesuai dengan tema keseluruhan ruangan Anda. Tambahkan aksesori jika perlu dan buat penutup bantal dengan warna-warna yang sesuai pilihan Anda agar lebih semarak.

Sekali lagi, cobalah browsing di internet atau lihat majalah-majalah terbaru untuk mendapatkan kain penutup sofa yang menarik.

7. Aksesori

Buatlah aksesori yang simpel.Kotak kayu yang menempel pada dinding atau ambalan-ambalan kayu yang terlihat melayang pada dinding akan menambah kesan gaya pada rumah Anda. Kejelian Anda dalam menata barang untuk dipajang serta memilih aksesori yang tepat dan serasi akan membuat ruangan Anda terlihat menarik.Tidak harus mahal.

Cobalah mengunjungi pameran kerajinan tangan yang menampilkan hasil kerajinan dari seluruh pelosok Nusantara. Banyak hal bisa Anda dapatkan di sana. Hasilnya akan segera tampak dan terlihat setelah ditata serta dipadukan dengan keseluruhan ruangan secara baik.

8. Obral akhir tahun atau penjualan promosi

Sering-seringlah mampir atau melihat-lihat barang di toko lampu atau supermarket bahan bangunan. Kadang ada beberapa item interior, aksesori, tirai, ataupun lampu yang masih dapat dipakai dan sesuai dengan kebutuhan kamar Anda, namun dijual dengan harga miring.

Sumber :
(Koran SI/Koran SI/nsa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar