Jumat, 10 Desember 2010

Media Penyimpanan di Rumah Anda


RAK sebagai tempat menyimpan barang, bisa tampil sebagai penghias ruangan yang cantik asal bisa menatanya dan mendesainnya dengan tepat. Bagaimana caranya?

Sebagai salah satu kunci utama dalam sistem penyimpanan barang, rak menjadi salah satu investasi yang harus diperhatikan oleh setiap rumah tangga. Rak atau penggantung merupakan elemen penting penyimpanan barang bagi setiap rumah. Namun, bila kita tidak bisa menatanya dengan tepat, kehadiran rak justru memberi kesan berantakan dan kumuh. Oleh karena itu, perlu kecermatan, di mana dan apa saja yang pantas diletakkan dalam rak tersebut.

Pembahasan rancang bangun edisi ini khusus membahas soal pengoptimalan fungsi dari rak itu sendiri. Apalagi saat ini variasi penggunaan rak yang tersedia juga sangat beragam.

Dalam hal penyimpanan, medianya dibagi atas dua macam, yaitu ruang secara fisik dan menggunakan media perabot atau furnitur. Namun, yang dibahas adalah media penyimpan barang yang menggunakan furnitur berupa rak-rak.

"Karena rak memiliki keunggulan selain dapat digunakan sebagai display juga memiliki kemudahan untuk dijangkau/aksesibilitas," tukas Wisnu Brata, arsitek dari Mitra Graha Asri Mandiri.

Pemakaian rak pun cukup memudahkan. Selain hanya membutuhkan ruang yang minimal dan dekat dengan lantai, maka barang yang disimpan pada rak akan memiliki kemudahan untuk dipajang dan diambil sewaktu-waktu.

Jenis-jenis rak yang akan digunakan bergantung pada beberapa hal seperti ukuran ruangan dan jenis barangbarang yang akan disimpan. Pertama, rak yang mudah diubah dan dipindah.

Kebutuhan ukuran ruang penyimpanan yang terus berubah dan selera yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman menuntut kita untuk mampu mengakomodasi kebutuhan ini. "Sebaiknya gunakan rak yang bersifat fleksibel dan dapat disusun ulang," tukas Wisnu.

Rak yang dapat diatur penempatannya dengan beragam ketinggian maupun memiliki beberapa variasi panjang ambalan, akan mampu menjawab hal ini dan mengakomodasikan kebutuhan kita yang spesifik. Kedua, rak yang kompak serta terpadu untuk disesuaikan dan dikombinasikan. Rak seperti ini juga tersedia di pasaran dengan desain yang siap dirangkai maupun dengan desain yang dapat Anda pilih sendiri.

"Biasanya kita dapat memilih beberapa kombinasi rak yang akan digunakan beserta ambalannya sesuai kebutuhan penggunaan kita," ujarnya.

Misalnya untuk meja kerja dengan laci penyimpan alat tulis dan rak untuk faks. Meja komputer dengan tempat untuk printer, keyboard dan speaker. Atau meja belajar dengan rak buku dan laci untuk alat tulisnya. Untuk memudahkan pergerakan atau perpindahannya, kita sebaiknya memilih jenis yang memiliki roda.

Ketiga, yaitu rak melayang, jenis ini sangat disukai penggunaannya dan menjadi pilihan favorit dalam rumah bergaya minimalis. Aplikasinya dapat diletakkan di atas rak TV maupun dalam rangkaian dua atau tiga seri pada satu dinding.

"Rak melayang dapat menampung ruang penyimpanan yang cukup lumayan di tempat yang kecil dan memberi kesan lega," ujar pria ramah ini.

Keempat, rak buku sebagai salah satu media penyimpanan klasik. "Pilihlah jenis rak buku yang materialnya menggunakan kayu solid agar dapat menampung buku-buku yang tebal dan cenderung berat," tandas Wisnu.

Penggunaan ambalan yang dapat diatur ketinggiannya juga sangat membantu untuk menampung buku-buku yang ketinggiannya bervariasi. Sebaiknya hindari penggunaan partikel board maupun multipleks untuk area yang lembab atau dekat dengan air.

Untuk lebih aman lagi, dapat diberi kaki untuk memberi jarak dengan lantai dan memiliki rangka dari kayu solid agar dapat lebih kuat dan tahan lama.

Berikutnya, rak dinding atau yang menempel di dinding. Biasanya merupakan rak yang terbuat dari rangkarangka kayu dan diletakkan di atas credenza atau meja.

"Supaya terlihat seolah-olah sebagai perluasan atau penambahan dari furnitur di bawahnya dan terlihat sebagai satu kesatuan unit," saran Wisnu.

Terakhir, rak sebagai elemen estetis. Selain berguna sebagai media penyimpanan barang, digunakan sebagai elemen estetis yang mempercantik ruangan dengan sedikit sentuhan.

"Pilihlah rak yang bingkainya dapat berfungsi ganda sebagai artwork yang istimewa atau dapat menonjolkan aksen pada furnitur,"ujarnya.

Kita juga dapat membuat rak yang disamarkan dengan dinding. Di mana dari kejauhan hanya terlihat sebagai dinding partisi sampai ke plafon dan terbuat dari teakwood dengan modul kotak-kotak. Padahal, di bagian sebaliknya kita menggunakannya sebagai penyimpanan dengan tarikan handel atau laci yang disamarkan.
(sindo//tty)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar